Beranda Arsip Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

91
1

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) telah menyusun pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah agar memenuhi standar nasional perpustakaan (SNP). Komponen yang menjadi standar nasional perpustakaan antara lain, koleksi perpustakaan, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan perpustakaan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan, serta komponen penguat. Untuk menjelaskan secara rinci atau detail terkait standar nasional perpustakaan itu diperlukan pedomannya. Buku pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah ini berisi uraian tentang pedoman struktur organisasi perpustakaan sekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat), tentang pedoman penempatan sumber daya manusia dan kompetensinya, pedoman pengelolaan bahan pustaka monograf dan non monograf, pedoman pelayanan perpustakaan sekolah dan promosinya untuk mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan sekolah dalam mendukung proses belajar dan mengajar di sekolah.

Buku pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah sangat cocok untuk diimplementasikan di perpustakaan sekolah mulai jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK dalam menyelenggarakan perpustakaannya supaya memenuhi standar nasional perpustakaan. Buku ini sebagai acuan kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, maupun pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengorganisasikan perpustakaan. Semoga setiap sekolah yang ada di Indonesia dapat mengimplementasikan penyelenggaraan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar perpustakaan nasional. Aamiin 🙂

Berikut file PDF Pedoman Penyelenggaran Perpustakaan Sekolah dan Pedoman Tata Ruang Perpustakaan Sekolah yang dapat di download di sini. Semoga bermanfaat. Salam literasi

Pedoman-Penyelenggaraan-Perpustakaan-Sekolah

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here