Beranda Artikel Pelatihan Pustakawan Kelas dan Lomba Pojok Literasi Kelas sebagai Upaya dalam Menggiatkan...

Pelatihan Pustakawan Kelas dan Lomba Pojok Literasi Kelas sebagai Upaya dalam Menggiatkan Gerakan Minat Baca di Lingkungan SMA Negeri 1 Balikpapan

149
0

Pelatihan pustakawan kelas merupakan tindak lanjut kegiatan promosi perpustakaan. Kegiatan promosi perpustakaan merupakan metode komunikasi kepada pemustaka tentang pengenalan jasa dan layanan di perpustakaan. Menurut Sujana (2016:15), Promosi yang efektif seyogyanya mempunyai dampak yang berkesinambungan dan menghasilkan kemajuan, artinya harus ada peningkatan pendayagunaan perpustakaan oleh pemustaka. Perpustakaan Astana Cendekia mengadakan pelatihan pustakawan kelas kepada siswa-siswi di SMA Negeri 1 Balikpapan bertujuan agar siswa-siswi memiliki soft skill dibidang literasi perpustakaan, meningkatkan wawasan kreatifitas siswa, mengembangkan koleksi bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan user dalam bentuk pojok literasi kelas, serta mengembangkan budaya gemar membaca melalui pengembangan, dan pendayagunaan pojok literasi kelas.

Literasi perpustakaan secara umum adalah kemampuan dalam memahami jenis-jenis bahan pustaka, memanfaatkan koleksi bahan pustaka di perpustakaan, mengetahui penggunaan katalog, klasifikasi subyek, serta memahami cara penelusuran informasi dalam hal memenuhi kebutuhan informasi pemustaka baik untuk kepentingan belajar, penelitian, pekerjaan, dan penyelesaian masalah dalam kehidupan. Hal ini berguna sebagai keterampilan atau bekal untuk ke perguruan tinggi, siswa-siswi memahami bagaimana informasi itu dikemas, disajikan, dikelola dan diorganisasikan dalam perpustakaan agar mudah untuk diakses oleh user dengan begitu banyak media informasi yang tersedia. Maka perpustakaan sebagai pemberi layanan dan jasa informasi bertanggung jawab terhadap informasi yang dihimpun di perpustakaan, memilih informasi yang steril dari penyebaran informasi hoax.

Pelatihan pustakawan kelas dan lomba pojok literasi kelas adalah rangkaian kegiatan yang berkesinambungan yang secara rutin dilakukan setiap tahunnya dimulai pada tahun 2018, 2019, dan 2022. Pelatihan pustakawan kelas angkatan 3 tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2022, yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas 2-3 orang termasuk kelas X, XI, XII dan mencapai 110 peserta. Acara dimulai dari pukul 07.30 sampai 15.30 WITA. Sambutan diberikan oleh Daliya S.Pd., M.M.Pd selaku Kepala SMA 1 Balikpapan, dilanjutkan sambutan oleh Dra. Siti Hajar, selaku Kepala Perpustakaan Astana Cendekia. Turut hadir juga Bapak Sutadi, S.Sos., M.M. selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan dan Ibu Ratna selaku Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan yang memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Balikpapan yang menjadi peserta pelatihan pustakawan kelas. Materi pertama tentang pengertian literasi secara dasar disampaikan oleh Nana Nur Rahmawati selaku Wakil 2 Duta Baca Sekolah Tahun 2022. Materi kedua disampaikan oleh Dewi Imroatush Sholikha, S.AP selaku pustakawan SMA Negeri 1 Balikpapan tentang teknis administrasi perpustakaan, klasifikasi, dan penentuan tajuk subjek koleksi. Pada sesi terakhir dilakukan praktek simulasi klasifikasi koleksi, inventaris buku, pelabelan buku secara berkelompok dan sesi tanya jawab. Acara berjalan secara lancar dan diakhiri dengan foto bersama.

Rangkaian acara selanjutnya adalah implementasi dan monitoring pojok literasi kelas mulai 23 Agustus 2022 sampai dengan 11 September 2022. Tidak kalah penting, tim duta baca mengambil peran sebagai menjadi tim pendampingan dan monitoring implementasi pojok literasi kelas. Tim pendampingan dan monitoring untuk (1) kelas X adalah Nana Nur Rahmawati dan Benediktus Aldreno F.W, (2) kelas XI adalah Calista Nayaka Anargya dan Adhe Nur H, (3) dan kelas XII adalah Nova Aulia F, dan Najwa Aulia S.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian pojok literasi kelas adalah (1) tersedianya tempat duduk yang nyaman (lesehan), (2) tempat yang nyaman untuk dikunjungi (strategis), (3) tersedianya buku kunjung, (4) bahan bacaan bukan buku teks pelajaran melainkan buku bacaan umum baik fiksi, non fiksi maupun referensi, (5) dekorasi yang kreatif, (6) letak pojok baca yang mudah dijangkau oleh tangan siswa, (7) klasifikasi buku berdasarkan jenisnya, (8) penataan buku yang indah sesuai klasifikasinya dan mudah untuk temu kembali, (9) intensitas cahaya yang cukup ditinjau dari segi kesehatan, (10) kreatifitas di rak/ di pojok baca. Juri pojok literasi kelas antara lain adalah Tim Pengembang Literasi Perpustakaan (Dayang Suriani, M.Pd., M.M.Pd., Puspani, M.Pd, Syafira Muslimawati, S.Pd., Rike Fujiana, M.Pd., Ira Yuniarti, S.Pd), Alif Nur Evayanti, A.Md (Petugas Perpustakaan Layanan Pemustaka), Dewi imroatush Sholikha, S.AP (Pustakawan), dan Dimas Heru Sumadi, S.Pd (Petugas IT Perpustakaan). Finalisasi dan penjurian dilaksanakan selama 5 (lima) dimulai dari tanggal 12- 16 September 2022.

Pada hari Senin, tanggal 10 Oktober 2022 diumumkan juara pojok literasi kelas tahun 2022 oleh Kepala Perpustakaan Astana Cendekia. Kategori Juara Pojok Literasi Kelas Tahun 2022 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori kelas X, XI, dan XII. Kategori Pemenang Pojok Literasi Kelas untuk Kelas X adalah Juara 1 dimenangkan oleh kelas X-8, Juara 2 dimenangkan oleh kelas X-3, dan Juara 3 dimenangkan oleh kelas X-9. Kategori Pemenang Pojok Literasi Kelas untuk Kelas XI adalah Juara 1 dimenangkan oleh kelas XI IPA 1, Juara 2 dimenangkan oleh kelas XI IPA 9 dan Juara 3 dimenangkan oleh kelas XI IPA 8. Kategori Pemenang Pojok Literasi Kelas untuk Kelas XII adalah Juara 1 dimenangkan oleh kelas XII IPS 4, Juara 2 dimenangkan oleh kelas XII IPA 8, dan Juara 3 dimenangkan oleh kelas XII IPA 2.  

Pendayagunaan pojok literasi kelas ini diharapkan bisa memfasilitasi siswa-siswi untuk mengembangkan diri, meningkatkan wawasan dan literasi, menumbuhkan pola pikir kritis, meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah (problem solving), dengan cara membudayakan gemar membaca. Hal ini akan membentuk siswa-siswi terlatih untuk menjadi siswa-siswi yang berkarakter pembelajar sepanjang hayat. (DIS)  

Daftar Pustaka:

Sujana. 2016. Promosi Perpustakaan. Tangerang: Mahara Publishing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here