Beranda Profil Perpustakaan SMA Negeri 1 Balikpapan

Profil Perpustakaan SMA Negeri 1 Balikpapan

Perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan sebagai bagian dari keberadaan SMA Negeri 1 Balikpapan berdiri pada tahun 1980 yang terletak di sebelah barat bagian tengah dari keseluruhan gedung SMAN 1 Balikpapan, Namun secara administratif, perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah No. 188.4/371.a/SK/IX/2012 pada tanggal 3 September 2012.

Sejak adanya gedung perpustakaan SMAN 1 Balikpapan, berbagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan fungsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan.

Hadirnya gedung perpustakaan “Astana Cendekia” SMAN 1 Balikpapan menjadi tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMAN 1 Balikpapan. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:

  1. Ruang koleksi referensi dan kamus
  2. Ruang koleksi buku umum
  3. Ruang audio visual
  4. Ruang baca (klasikal, lesehan, outdoor)
  5. Ruang kepala perpustakaan
  6. Ruang kerja staf perpustakaan
  7. Ruang/area pertemuan
  8. Area display buku baru
  9. Area komputer/internet dan printer
  10. Area lemari katalog/OPAC
  11. Area locker penyimpanan barang untuk pengunjung
  12. Gudang
  13. Area display buku karya mandiri guru dan siswa

Perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan dikelola secara otomasi oleh 4 orang, yang terdiri dari 1 koordinator perpustakaan dan 3 orang staf. Dengan motto  Membaca, Berkarya dan Berkreasi untuk Prestasi dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.