Beranda Artikel BEDAH BUKU KUMPULAN PUISI “SALAM TERAKHIR” KARYA KOLABORASI GURU DAN SISWA

BEDAH BUKU KUMPULAN PUISI “SALAM TERAKHIR” KARYA KOLABORASI GURU DAN SISWA

52
0
Foto Salam Literasi oleh seluruh peserta bedah buku baik Guru dan Siswa, juga Pemateri dan Kepala Perpustakaan diikuti juga oleh Duta Baca Smansa Balikpapan 2022

Bedah buku merupakan kegiatan rutin program tahunan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Astana Cendekia SMA Negeri 1 Balikpapan yang bekerja sama dengan salah satu guru Bahasa Indonesia, membedah buku Karya Mandiri Guru SMA Negeri 1 Balikpapan dengan judul Kumpulan Puisi “Salam Terakhir” karya dari 6 penulis yang terdiri dari 2 Guru Bahasa Indonesia dan 4 siswa dengan 80 puisi yang beragam. Acara bedah buku ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 April 2022 di Ruang Auditorium SMA Negeri 1 Balikpapan dalam rangka memeriahkan Hari Buku Nasional Tahun 2022. Acara bedah buku ini diikuti oleh beberapa guru dan siswa kelas X yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dari kelas X program IPA dan IPS sejumlah 106 peserta. Bedah buku ini merupakan salah satu jenis promosi layanan jasa perpustakaan yaitu membedah Buku Karya Mandiri Guru SMA Negeri 1 Balikpapan serta bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan dibidang literasi informasi.

Buku ini dibedah oleh salah satu guru yang menjadi penulis kedua yaitu Ibu Desyta Suci Restiana, S.Pd. Kumpulan puisi “Salam Terakhir” merupakan karya kolaborasi dari Ibu Dra. Anis Rohana, Ibu Desyta Suci Restiana, S.Pd., Ananada Cahyo Wibowo, Anargya Rifqi Prasetyo, Dwayne Nathanael Sheringhan, Ernita Aprilla Norsanti. Kumpulan Puisi “Salam Terakhir” mengulas tentang puisi yang beragam yang mengandung antusiasme sekaligus pengakuan bahwa puisi berisi pengalaman dan komitmen hidup. Puisi sebagai ungkapan cerita gairah perjalanan hidup penulisnya. Puisi menjadi bahasa jiwa, bahasa hati. (Sinopsis Puisi Salam Terakhir, 2018).

Kegiatan diskusi tanya jawab berlangsung aktif, hal ini menunjukkan bahwa siswa-siswi tertarik dan antusias terhadap kepenulisan karya puisi. Dari kegiatan tanya jawab kegiatan bedah buku ini dapat disimpulkan: (1) Cara menikmati karya puisi adalah dengan memahami maknanya, membaca dengan hati yang senang, serta keindahan puisi itu bisa dirasakan penikmat itu sendiri dengan adanya effort dari pembaca, (2) Tips agar penulis bisa konsisten dalam menulis puisi adalah dengan memiliki rasa suka untuk menulis sebagai dasar membuat karangan puisi, melanjutkan  isi puisi yang belum selesai saat waktu senggang, puisi merupakan karya tulis yang paling sederhana dan murah, banyak belajar dan mendalami bidang kepenulisan tersebut, (3) Untuk menambah daya tarik puisi yaitu dengan bermain kata (konotasi), kuasai perbendaharaan kata sebanyak-banyaknya sehingga puisi yang dibuat lebih menarik dengan membuat konotasi yang menarik.

Melalui kegiatan bedah buku ini diharapkan sivitas akademika SMA Negeri 1 Balikpapan dapat meningkatkan kemampuan dan mengasah keterampilan dalam menulis, berbagi pengalaman dan pengetahuan serta memotivasi membuat buku atau menulis sebuah karya kepada pembaca, peminat dan penulis di lingkungan SMA Negeri 1 Balikpapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here