Beranda Berita Terbaru Merajut Jejaring Dengan Inklusi Sosial

Merajut Jejaring Dengan Inklusi Sosial

105
2

Dalam rangka berpartisipasi membangun budaya literasi di kalangan masyarakat, melalui Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), Perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan  mengadakan program inklusi sosial dengan menyediakan layanan koleksi bacaan untuk masyarakat.  Melalui program inklusi sosial, mengubah paradigma dari sekedar ruang baca kepada mengubah pola pikir masyarakat dengan cara pelibatan dan partisipasi untuk meningkatkan kapasitasnya.

Dengan program ini, Perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan     meningkatkan akses pelayanan sebagai proses merajut jejaring sosial dengan masyarakat sekitar sekolah. Bekerja sama dengan Puskesmas Telagasari sebagai mitra, Perpustakaan “Astana Cendekia” SMA Negeri 1 Balikpapan   memfasilitasi layanan membaca bagi pengunjung Puskesmas Telagasari dengan menyediakan sejumlah buku untuk mengisi ruang Pojok Literasi Puskesmas Telagasari dalam jangka waktu sesuai kemufakatan. Diharapkan program yang pada bulan Januari 2021 ini sudah berlangsung 2 tahun, bisa menjadi bagian dari kepedulian yang mendorong proses pembangunan kehidupan religius, ekonomi, sosial, politik, dan budaya masyarakat.

Sejalan dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca, kita ulurkan tangan agar setiap orang mampu memahami dan menyelesaikan tantangan hidupnya. Dengan mengajaknya  membaca berbagai pengetahuan, kita telah membantu membukakan kesadaran dan wawasan, menghidupkan pengetahuan, bahkan menguatkan pilar ketahanan moral. Hingga lahirlah generasi yang peka untuk membedakan gelap dan terang. (AR)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here