Beranda Artikel PERPUSTAKAAN ASTANA CENDEKIA SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN MEMPEROLEH PREDIKAT ”A” PADA AKREDITASI...

PERPUSTAKAAN ASTANA CENDEKIA SMA NEGERI 1 BALIKPAPAN MEMPEROLEH PREDIKAT ”A” PADA AKREDITASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH PERPUSTAKAAN NASIONAL RI TAHUN 2022

139
0
Penyerahan Sertifikat Akreditasi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur kepada Kepala Perpustakaan Astana Cendekia SMA Negeri 1 Balikpapan

Berdasarkan Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) No. 2 Tahun 2022 tentang Pedoman Akreditasi Perpustakaan, bahwa “Akreditasi perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional untuk menetapkan bahwa suatu Perpustakaan telah memenuhi standar nasional perpustakaan (SNP). SNP adalah kriteria minimal yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan, pengelolaan dan pengembangan Perpustakaan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Perpusnas RI sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan adalah lembaga penyelanggara akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Khusus, Perpustakaan Umum (Desa, Kabupaten/Kota, Provinsi), dan Perpustakaan Sekolah (PAUD, SD, SMP, SMA).

Akreditasi perpustakaan sekolah diselenggarakan oleh Perpusnas RI, yang mana perpustakaan sekolah difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota/Kabupaten kemudian secara kolektif dokumen portofolio akreditasi dikumpulkan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi dan pada akhirnya akan terdaftar pada Perpustakaan Nasional RI yang asesmen dilakukan oleh Bidang Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas RI sebagai pembentuk Tim Asesor Akreditasi. Secara rinci tahapan dalam penyelenggaraan akreditasi terdapat 3 (tiga) tahapan. Tahap pertama adalah tahap persiapan akreditasi oleh asesi, yaitu membentuk tim persiapan akreditasi perpustakaan instansi masing-masing, mengisi instrumen akreditasi perpustakaan sesuai kondisi yang sebenarnya, menyiapkan bukti fisik/eviden, menyusun berkas akreditasi perpustakaan secara sistematis, melakukan pendaftaran akreditasi perpustakaan. Tahap kedua adalah pelaksanaan akreditasi perpustakaan yang meliputi visitasi oleh tim asesor, penyelenggaraan rapat pleno dan penerbitan sertifikat akreditasi oleh Perpusnas RI. Tahap ketiga adalah tahap pasca akreditasi perpustakaan yang meliputi kegiatan surveilans atau kegiatan pemantauan/evaluasi pada perpustakaan yang telah diakreditasi dan peningkatan predikat akreditasi perpustakaan.

Perpustakaan Astana Cendekia menyatakan siap dan mendaftarkan diri mengikuti akreditasi perpustakaan pada tahun 2022 bersama dengan 6 (enam) perpustakaan sekolah lainnya dan 1 (satu) perpustakaan perguruan tinggi di Balikpapan. Pada bulan Juli 2022 seluruh peserta perpustakaan sekolah yang mendaftarkan diri untuk diakreditasi mengirim berkas softcopy dan hardcopy kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Kemudian pada hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2022 dilaksanakan visitasi akreditasi oleh Tim Asesor Perpusnas RI. Acara pembukaan dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan yang dihadiri oleh Asesor Perpusnas RI, Pendamping Asesor Perpusnas RI dan didampingi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur.  Acara akreditasi dijadwalkan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 10-11 Agustus 2022.

Perpustakaan Astana Cendekia SMA Negeri 1 Balikpapan sebelumnya telah melakukan akreditasi tahun 2017 dengan predikat “C”, kemudian pada tahun 2022 Perpustakaan Astana Cendekia mendaftarkan diri untuk re-akreditasi. Pada tanggal 10 Agustus 2022, Perpustakaan Astana Cendekia mendapatkan jadwal visitasi langsung oleh Tim Asesor Perpusnas RI. Visitasi ke Perpustakaan Astana Cendekia dimulai pukul 16.00 sampai 20.00 WITA, asesmen dilakukan oleh Muhammad Irsyad Al Fatih, M.Hum sebagai Asesor Perpusnas RI, didampingi oleh Eko Sutarto selaku Pustakawan Direktorat Standardisasi dan Akreditasi Perpusnas RI, Rusmawati, S.Pd., M.Si selaku Sub Koordinator Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur, Pinehas Sagala selaku Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Timur, Sutadi, S.Sos., MM selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan serta Darto Pramono selaku Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Pada asesmen akreditasi ini dihadiri oleh Dra. Anis Rohana selaku Waka Urusan Humas SMA N 1 Balikapapan, Dra. Siti Hajar selaku Kepala Perpustakaan Astana Cendekia, Dewi Imroatush Sholikha, S.AP selaku Pustakawan Perpustakaan Astana Cendekia, Alif Nur Evayanti, A.Md selaku Tenaga Perpustakaan Bidang Layanan Pemustaka, Rike Fujiana, M.Pd selaku Tim Pengembang Literasi Perpustakaan, dan Sandyssa, S.Kom selaku Tenaga Perpustakaan Bidang Layanan TIK. Ikut dihadiri juga oleh Duta Baca SMA N 1 Balikpapan Tahun 2022 yaitu Candyle Gita R. Tomee, Nova Auliya Fitriyani, Najwa Aulia Syifa, Nana Nur Rahmawati, Benediktus Aldreno Fabian W, Adhe Nur Haniifah, dan Calista Nayaka Anargya.

Secara garis besar ada beberapa komponen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan antara lain, koleksi perpustakaan, perawatan koleksi perpustakaan, pengorganisasian bahan perpustakaan gedung/ruang atau sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelengaraan dan pengelolaan perpustakaan, anggaran, kerjasama, dan manajemen perpustakaan. Adapun maksud Perpustakaan Astana Cendekia mengikuti akreditasi perpustakaan adalah agar dilakukan penilaian perpustakaan sesuai SNP yang telah ditentukan dan sebagai pengakuan kinerja perpustakaan berdasarkan kategori A (Amat Baik), B ( Baik), C (Cukup Baik) oleh asesor Perpusnas RI.

Pada hari Senin, 3 Oktober 2022 telah diserahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Astana Cendekia oleh Bapak Muhammad Syafranuddin, M.M selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Dengan terbitnya sertifikat akreditasi Perpustakaan Astana Cendekia dengan kategori “A” merupakan sebuah prestasi dan prestise bahwa Perpustakaan Astana Cendekia telah memberikan pelayanan sesuai standar nasional perpustakaan. Perpustakaan Astana Cendekia sebagai jantung dari proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Balikpapan, bagian integral dari kegiatan pendidikan, dan sumber ilmu pengetahuan di sekolah sudah sepatutnya dikelola dengan profesional, mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah dalam rangka mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar di sekolah, dan memberikan pelayanan prima terkait kebutuhan informasi kepada seluruh warga SMA Negeri 1 Balikpapan.

Keberhasilan Perpustakaan Astana Cendekia mendapatkan akreditasi dengan kategori “A” adalah wujud komitmen pimpinan baik Kepala Perpustakaan maupun Kepala Sekolah, komitmen pengelola perpustakaan untuk bekerja secara profesional memberikan pelayanan prima, dan dukungan dari seluruh warga SMA Negeri 1 Balikpapan dalam mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan. Semoga Perpustakaan Astana Cendekia dapat meningkatkan kualitas jasa dan layanan informasi, meningkatkan sarana prasrana, dan mampu mengikuti perubahan serta perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang. (DIS)

#SalamLiterasi

#AkreditasiPerpustakaanAstanaCendekia

#SMA Negeri 1 Balikpapan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here